Komponen dan Prinsip Kerja AC Mobil Anda

Pada kesempatan ini kami mengajak Anda untuk mengetahui komponen utama dan prinsip kerja pada AC mobil kendaraan anda, agar anda sedikit mengerti dan mengetahui bagaimana cara merawatnya atau mengetahui gejala-gejala awal kerusakannya gambar di bawah ini merupakan rangkaian komponen-komponen tersebut warna merah adalah high pressure dan warna hijau low pressure.

COMPRESSOR

CompressorCompressor merupakan komponen utama AC yang berfungsi untuk mensirkulasikan Refrigerant (Freon) keseluruhan unit AC. Compressor memiliki dua saluran yaitu hisap (suction) dan saluran buang (discharge). Saluran hisap dihubungakan dengan Evaforator melalui pipa/selang yang merupakan sisi tekanan rendah. Sedangkan saluran buang dihubungkan dengan Condensor dan merupakan sisi tekanan tinggi. Refrigerant (Freon) pada tekanan dan temperature rendah di hisap oleh Compressor melalui saluran hisap (suction) kemudian di manfaatkan melalui saluran buang (discharge) sehingga tekanan dan temperaturnya naik, yang selanjutnya di alirkan ke Condensor. Bagian ini berfungsi untuk mendinginkan Refrigerant (freon) yang akan dialirkan ke dalam Evaforator. Kinerja Condensor juga di bantu oleh Extra Fan. Pada bagian Condensor ini Refrigerant (freon) yang awalnya berbentuk uap dan di pompa oleh Compressor akan berubah menjadi cair. Karena freon mengalami proses condensasi atau pendinginan.

CONDENSOR

CondenserCondensor berfungsi untuk mendinginkan atau membuang panas Refrigerant (freon) yang bersuhu dan bertekanan tinggi yang berasal dari Compressor. Proses pendinginan ini dibantu dengan menggunakan Extra Fan atau Condensor Fan untuk mengubah freon menjadi cair. Jika kemampuan Condensor untuk mendinginkan atau membuang panas bermasalah bisa meyebabkan AC mobil tidak dingin juga merusak kinerja Compressor.

RECEIVER DRYER

Receiver Dayer

Fungsi receiver dryer adalah untuk penyaringan sekaligus pengeringan dari uap air. Setelah Freon melalui Condensor. Receiver dryer ini bagian yang cukup penting karena alat ini berfungsi meyaring semua kotoran, oleh sebab itu di sarankan untuk menggantinya setiap melakukan perawatan pada unit ac mobil anda, karena kalau alat ini sudah terlalu banyak menampung kotoran, maka alat ini tidak berfungsi lagi, sehingga akan mengakibatkan kerusakan pada Compressor.

EXPANSION VALVE

Expansion Valve

Alat ini berfungsi untuk merubah Freon dari cair menjadi gas. Apabila terjadi kerusakan pada alat ini biasanya di sebabkan oleh Receiver dryer yang sudah rusak/tidak berfungsi. Expansion valve ini banyak jenis dan macamnya tergantung jenis mobilnya.

 

 EVAFORATOR

Evaporator

Alat ini berfungsi untuk mengeluarkan hawa dingin/sejuk ke dalam kabin mobil anda. Cara kerjanya yaitu menyerap hawa panas dan mengeluarkanya menjadi dingin. Jumlah panas yang di serap oleh Evaforator harus sebanding dengan hawa dingin yang di serap oleh Condensor. pada umumnya Evaforator ini sering mengalami kotor yang di akibatkan oleh terhisapnya debu yang menyebabkan kinerja Evaforator menjadi berkurang bahkan bisa menyebabkan kebocoran akibat korosi dari debu tersebut, oleh sebab itu sebaiknya Evaforator diservice atau dibersihkan supaya terawat dengan baik.

Demikian semoga bermanfaat.

Leave a reply